Sabtu, 10 Maret 2012

naskah drama kancil

(pada suatu  ada seekor kancil yang sedang minum ditepi sungai  ,kemudian  didepanya ada seekor harimau yang lapar dan ingin memakan kancil)
Kancil                    : airnya sangat jernih dan segar  
                               (tiba tiba harimau datang)
Harimau               :hahaha! Mau lari kemana kau kancil ? aku akan segera memakanmu.
Kancil                    :kamu hanya harimau yang kurus dan tak berdaya .
Harimau               :jangan sembarangan kalau bicara .
Kancil                    :kalau kamu kuat ,coba kamu lawan temanku ini. (dengan menunjuk ke air )
Harimau               :mana temanmu itu ,akan aku hajar dia.
                              (dengan memukul mukul air dan akirnya dia tenggelam di air )
(akhirnya harimau itu pun tenggelam  dan kancil pun meninggalkan harimau itu. lalu kancil menuju ke tempat yang lain . di tempat itu kancil bertemu dengan ular yang akan memakan kerbau)
Kebau                   : tolong!tolong!tolong!
Ular                        : ayo kerbau berteriaklah tak mungkin ada yang menolongmu dan aku bukan   ular  dungu  yang dapat lepaskan kamu begitu saja kerbau dungu
Kerbau                                 : tapi tapi akukan tadi yang menolongmu bukankah ini tidak adil . apakah ini yang  dinamakan balas budi ?
Ular                        : aku tak mengenal istilah itu. Sudahlah kamu diam saja dan aku akan segera memakanmu (dengan mulut yang menganga)
Kancil                    : tunggu dulu , apa yang sebenarnya terjadi?hey kerbau dungu mengapa kamu merengek rengek seperti anak kecil saja bukan kah kamu sewajarnya  ular yang perkasa itu memakanmu untuk makan. Lagi pula disini  berlaku hukum rimba “siapa kuat dia yang menang”.
Ular                        :itu benar .aku setuju
Kerbau                 :kancil,jangan seenaknya saja  kalau bicara
Kancil                    : sudah sudah jangan debat saja . lebih baik kalian ceritakan bagaimana ceritanya biar lebih jelas permasalahannya .
Ular                        :aku sangat berterimakasih atas kebaikanya dan aku akan berterimakasih atas kebaikanya dengan memakanya  .begitulah ceritanya, kancil !
Kancil                    :aku tetap tidak mengerti dengan kejadian tersebut,lebih baik kamu mempraktekanya  saja biar kancil yang dungu ini mengerti .ya!
Ular                        : baiklah kancil aku juga tak keberatan dengan itu,biar kamu mengerti permasalahan ini. ayo kerbau taruhlah pohon itu ke badanku sepeti  ketika  kamu belum menolongku!
Kerbau                 :baiklah !
                             (kerbau pun akhirnya mengangkat kembali pohon untuk ditaruh diatas badan ular)
 Ular                       :beginilah kancil sebelum kerbau ini menolongku ,aku terjepit pohon dan mengatakan TOLONG!TOLONG!TOLONG! begitulah kancil ceritanya .ayo tunggu apa lagi cepat lepaskan aku!(dengan marah kepada kerbau)
Kancil                    :hai kerbau yang baik apakah kamu mau menolong ular yang jahat  lagi ?
Kerbau                 :tidak! Aku baru ingat, hebat sekali kamu kancil aku kira kamu tadi membela ular.
Terima kasih  kancil !
Kancil                    :sama sama
(kemudian kancil menuju ke tempat yang lain dan ditempat itu kancil bertemu dengan seekor harimau yang menunggunya dibawah pohon yang ada sarang lebah yang besar)
Harimau               :hai kancil kau mau lari ke mana ,aku akan memakanmu.
Kancil                    :aku tidak kan lari kemana mana karena kamu adalah makluk yang lemah
Harimau               :jangan sembarangan kalau bicara.aku adalah yang paling kuat di hutan , ini buktinya(dengan memukul pohon yang disampingnya dan ada sarang lebahnya )
(akhirnya  sarang lebah itu pun jatuh dan harimau lari dengan cepat menuju rawa sedangkan kancil telah lari lebih dahulu lalu kancil hidup bahagia )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar