Jumat, 16 Maret 2012

5 Pondasi Agar Blog Makin Perkasa


5 Pondasi Agar Blog Makin Perkasa

Setiap bloggers tentu mendambakan memiliki sebuah blog yang kokoh dan perkasa dengan traffic yang terus berdatangan tanpa diminta. Tetap kokoh berdiri tegak walaupun banyak bermunculan blog-blog baru dengan topik sejenis yang siap bersaing. Tetap memiliki daya tarik di hati para pembacanya dan update blog selalu ditunggu. Saya pun sangat medambakan hal itu sebagai seorang blogger.

Nah untuk mewujudkan hal itu, sebuah blog harus memiliki pondasi yang kuat. Ibarat sebuah rumah, jika ingin mendapatkan rumah yang kokoh dan kuat, maka pondasi rumah juga harus kuat. Sama halnya dalam blog. Jika ingin memiliki blog yang perkasa, maka membangun Pondasi yang kokoh dan kuat sangatlah penting. Pondasi itulah yang nantinya akan dijadikan dasar dalam mengembangkan dan membangun blog. OK, ini dia 5 Pondasi Agar Blog Makin Perkasa :

1.Loading Blog Harus Cepat
Sebisa mungkin buat blog anda loading secara cepat. Ini akan menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung yang datang ke blog anda. Konten bagus tapi blog anda lelet, pengunjung akan menjadi malas untuk mengunjungi blog anda lagi. Dengan loading blog yang cepat, besar kemungkinan akan menarik pengunjung untuk datang lagi (return visitor), walaupun tetap faktor lain juga berpengaruh.

2.Gunakan Warna Dasar
Pernahkah anda melihat sebuah blog yang walaupun sederhana tetapi anda merasa nyaman dan ingin berlama-lama disana? Itulah salah satu efek dari warna blog yang digunakan. Riset membuktikan bahwa warna dasar lebih mudah dilihat oleh manusia daripada warna lainnya. Nah yang termasuk warna dasar itu adalah putih, hitam, merah, biru dan hijau.

Coba lihat google, Wikipedia, atau mungkin blog di Indonesia semisal o-om, warna yang mereka pakai pada websitenya adalah warna putih, salah satu jenis warna dasar. Atau mungkin bisa juga dilihat pada blog-blog para master SEO ataupun blog-blog tutorial yang terkenal, rata-rata dari mereka menggunakan background warna putih. Ternyata warna memiliki andil yang cukup besar dalam menbentuk pondasi blog.

Saya pun menggunakan warna putih pada blog ini. Padahal dulunya blog ini berwarna coklat. Saya merasakan adanya perbedaan ketika membaca di background warna putih dengan ketika blog saya dulu berbackground coklat. Dengan warna putih, saya lebih menikmati bacaan, walaupun panjang sekalipun. Berbeda ketika berbackground coklat yang notabene bukan warna dasar, membaca tidak seasyik ketika berbackground putih. Apakah anda juga merasakan hal yang sama seperti saya ? sudahkah background blog anda menggunakan warna dasar ?

3.Font Yang Mudah Dibaca
Selain warna, ternyata font yang digunakan juga mempengaruhi kuat tidaknya pondasi blog. Ketika ada artikel atau informasi bagus di blog anda, dipoles dengan menggunakan font yang “merusak mata” atau tidak bersahabat dengan mata, maka mungkin sebelum pengunjung habis membaca, mereka sudah akan pergi dari blog anda.

Pengunjung akan betah berlama-lama berada di sebuah blog tidak hanya karena tulisan yang menarik, namun karena tulisannya mudah dibaca. Nah, menurut penelitian para ahli, font yang mudah dibaca adalah : Arial, Tahoma dan Verdana. Saya pun juga mempraktekkan cara ini, dengan menggunakan font verdana pada blog.

4.Konten Adalah Segalanya
“Konten adalah raja” begitulah biasa saya menyebutnya. Blog tanpa konten ? sama saja bohong. Blog dengan konten tapi copy paste ? tidak punya nilai plus dimata pengunjung. Blog dengan konten original dan bermutu ? itulah makna konten blog yang sebenarnya. Dengan konten yang bermutu, saya yakin pengunjung akan datang sendiri ke blog anda tanpa diminta.

Memang inilah hal tersulit dalam proses pembuatan pondasi blog. Membuat konten bermutu itu bukan hal mudah seperti halnya membalikkan telapak tangan. Butuh latihan dan kerja keras dalam proses membuat konten yang bermutu.

Nah, kunci dalam membuat konten yang bermutu adalah 3P, yaitu PRAKTEK, PRAKTEK, PRAKTEK, haha. Teruslah berusaha dengan praktek terus menerus untuk membuat konten yang bermutu, saya yakin, suatu saat pasti anda akan bisa membuat konten yang bermutu dan disukai oleh pengunjung.

5.Eksis-kan Blogmu
ini juga tidak kalah penting dengan pondasi-pondasi lainnya. Sebagus apapun blog anda, jika tidak ada yang tahu alamatnya kan sama saja bohong. Gimana mau didatangi pengunjung jika alamat blog anda belum ngeksis di blogosphere. So, promosikan blog anda agar banyak orang yang tahu keberadaan blog anda, semisal blogwalking, tukar link, dan promosi lainnya.

Mungkin itu saja 5 Pondasi Agar Blog Makin Perkasa. Kelima pondasi diatas hanyalah langkah awal dalam membangun blog. Masih diperlukan cara ampuh lainnya dalam membangun blog agar menjadi lebih perkasa. Anda punya pendapat lain ? share it…
sumber :http://albabalpachino.blogspot.com/2012/02/pondasi-agar-blog-makin-perkasa.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar